Sabtu, 28 April 2012

macam macam perangkat keras untuk mengakses internet

macam-macam  dari spesifikasi komputer 
a)Motherbroad/Mainboard
Mainboard / motherboard merupakan pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang pada motherboard tersebut. Motherboard juga Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC. Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak.
b)Processor
Processor merupakan bagian utama dari komputer. Fungsi dari komponen ini adalah mengatur semua jalannya proses yang terjadi selama komputer bekerja. Oleh karena itu, semakin besar kecepatan processor, maka semakin cepat pengeksekusian program pada komputer. Satuan untuk processor sendiri adalah Mhz ( mega hertz ) atau GHz ( Giga Hertz ).
Sebuah processor terdiri dari sebuah ALU ( Aritmatic Logic Unit ), unit logika yang dibangun dari gerbang logika ( AND ,OR, NOT , EXOR dll ). Juga dilengkapi dengan UC (Unit Control ) yang berfungsi mengontrol periperial lainnya. Kecepatan processor ditentukan oleh speed processor , cache memory, dan FSB (front Side Bus ) yang biasanya tertulis di punggung processor. Processor minimal pentium III 500Mhz.
c) Memori
Memori biasa disebut RAM adalah memori untuk menyimpan proses data untuk sementara. Ram merupakan sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.
RAM minimal 64MB. Berikut beberapa jenis RAM :
EDO RAM (Enhanced data output RAM)
 RDRAM RAM (Rambus dynamic RAM)
 SDRAM RAM (Sycronous dynamic RAM)
 DDR RAM (Double data rate RAM)DDR II
DDR III
 d) VGA ( Video Graphic Adaptor )
VGA merupakan komponen yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis. Tempat melekatnya kartu grafis disebut slot expansi. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game.
VGA card minimal 4MB.
 e) Hardisk
media penyimpanan dari Operating System dari komputer. Seperti Windows maupun Linux. Fungsi utamanya sebagai media penyimpanan atau storage data secara permanen. Hard disk menyimpan bermacam-macam informasi, salah satunya informasi mengenai hardware yang ada di dalam PC tersebut, lalu OS itu sendiri. Hard disk merupakan salah satu komponen yang menentukan kinerja PC. Semakin cepat hard disk bekerja, semakin cepat pula transfer yang dihasilkan. Harddisk minimal 10GB.
 f)Monitor

Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda.

macam2 model Modem berdasarkan jenisnya yaitu
a)Modem analog
Modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital

 b)Modem Modem ADSL (asymmetric digital subscriber line)
Modem adsl atau modem DSL adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau router ke saluran telepon. Cirri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik,data yang ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi lain. Ide utama ADSL adalah untuk memecah sinyal line telpon menjadi 2 bagian untuk suara dan data tanpa saling mengganggu.
 c)Modem CDMA
Modem nirkabel yang bekerja pada jaringan CDMA. Modem CDMA nirkabel berprilaku seperti Hayes compatible dial-up modem. Perbedaan utama antaraModem Hayes standard modem CDMA adalah bahwa modem hayes mengirim dan menerima data melalui saluran telepon sementara modem CDMA mengirim dan menerima data melalui gelombang radio.d)Modem 3GP
modem yang dapat menerima koneksi 3Ge)Modem GSM
Jenis Modem khusus yang menerima kartu SIM dan mengoperasikan lebih dari berlangganan ke operator selular, seperti ponsel. Dari perspektif operator selular Modem GSM tampak seperti ponsel. Ketika modem GSM terhubung ke komputer ini memungkinkan komputer menggunakan modem GSM untuk berkomunikasi melalui jaringan selular.
3.Ceritakanlah bagaimana data/suara pada suatu komputer dapat diterima pada komputer lain?
 Misalkan perangkat input dan transmitter merupakan komponen sebuah personal computer (PC). Seorang user pada sebuah PC akan mengirim data ke user lain. User ini akan mengaktifkan paket electronic mail pada PC dan mengetiknya melalui keyboard (perangkat input). Karakter string yang dibuat akan disimpan di buffer pada memori utama.  PC ini dihubungkan pada sebuah media transmisi, seperti kabel atau telepon melalui perangkat I/O (transmitter), misalnya transceiver atau modem. Data tadi akan ditransfer ke transmitter sebagai sebuah barisan voltase yang merepresentasikan bit-bit pada kabel atau bus komunikasi. Transmitter dihubungkan langsung ke medium dan mengkonversi aliran Input yang datang menjadi sinyal yang memungkinkan untuk ditransmisikan/dirambatkan.
Sinyal yang ditransmisikan merambat melalui media komunikasi/sistem transmisi – menjadi objek gangguan dalam transmisi sehingga bisa saja berbeda dengan system transmisi - dan diterima oleh receiver. Receiver berusaha menganalisis keaslian system transmisi, di dasarkan pada receiver) dan pengetahuannya atas media, yang menghasilkan rangkaian Output Data. Lalu di kirim ke komputer output, dimana Output data tersebut di tahan dalam memori sebagai data. sistem tujuan (destination) akan berusaha memperingatkan jika terjadi error, dan untuk selajutnya bekerja sama dengan sistem sumber sampai akhirnya mendapatkan data yang bebas dari error (error-free data). Data ini kemudian diberikan kepada user melalui suatu perangkat output, seperti printer atau layar monitor . Informasi yang di Input sebagaimana dilihat oleh user biasanya merupakan salinan dari pesan aslinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar